Tinggalkan komentar

MENYELESAIAKN PENELITIAN



PENDAHULUAN

Bagi peneliti baru, bahkan bagi yang berpengalaman sekalipun, menyelesaiakan dapat menjadi hal yang dirasakan sulit pada saat memulai. Hal ini biasanya disebabkan adanay suatu keengganan yang umum terjadi dalam menyelesaiakn suatu pekerjaan untuk kemudian beralih ke pekerjaannya telah menghabiskan waktu yang panjang hanya untuk menyelesaiakn suatu tugas tertentu menghasilkan sesuatu darinya, tetapi tidak menyadari bahwa sesungguhnya telah menyelesaiakn tugas tersebut. Mungkin seorang yang perfeksionis berfiikir bahwa pekerjaan tersebut masih perlu dikerjakan lebih lanjut.

Adapun tujuan dari bab ini ialah untuk membantui dalam menyelesaiakn proyek penelitian. Sedangkan hal –hal yang akan dibahasnya ialah:

  • Planing to finish : alasan-alasan yang dapat/tidak dapat dihindarkan untuk tidak menyelesaiakn penelitian tepat pada waktunya;
  • Penultimate and final draft; mengecek penyajian pekerjaan
  • Adds extra : pada saat mencantumkan/ tidak mencantumkan bagian pengantar atau lampiran –lampiran
  • process of assessment : apa yang bisa dilakukan pihak lain terhadap tesis/laporan anda
  • what do I do now? : membangun atas dan melihat keluar dari projek penelitian anda.

Boks 111: ada beberapa alasan yang baik untuk tidak menyelesaiakn laporan/tesis tepat pada waktunya:

  • hard disk komputerku rusak
  • ibuku baru saja meninggal
  • horreee… saya baru saja menang undian
  • mobilnya mogok
  • informan tidak mau berbisara lagi dengan saya
  • informan mau berbicara banyak dengan saya
  • supervisor tidak mau berbicara lagi dengan saya
  • saya lupa tanggal deadline-nya
  • terlalu banyak hal untuk dikerjakan
  • pekerjaannya belum selesai
  • saya kehilangan bahan –bahan
  • hasil kuisioner hilang di kantor pos
  • saya mendapatkan suatu pekerjaan
  • saya memutuskan untuk menikah/hamil dulu
  • saya belum cukup mendapat data
  • itu belum cukup baik
  • saya merasa tidak enak badan
  • anggota lain dalam kelompok penelitian saya ada yang belum menyelesaikannya.

Planning to finish

Memang selalu ad saja alasan untuk menunda penyelesaian laporan/tesis tepat pada waktunya. Jika masih ragu akan hal ini, maka tengoklah boks 111 di atas tentang beberapa alasan mengenai hal tersebut.

Jika telah berfikirke depan, dan jika telah selesai membaca beberapa atau seluruh isu buku ini, maka mungkin akan mengenal hal –hal sebagai berikut:

  • adanya beberapa alasan yang memang tidak dapat dihindarkan oleh kita: hal ini biasanya berhubungan dengan kejadian yang tiba –tiba, adanya krisi hidup yang tidak bisa dikendalikan
  • beberapa alasan yang bisa dihindarkan : jika telah memiliki rencana ke depan, dalam hal penyelesaian untuk agak molor waktunya atau bahkan diperketat
  • beberapa alasan baik yang dapat/tidak dapat dihindarkan : hal ini mungkin karena faktor ketidakberuntungan, tetapi telah membuat antisipasinya.

Boks 112 : mengecek hal –hal yang sudah harus selesai dalam konsep akhir:

  • sedahlah memberi judul, nama, tanggal dan inforamasi lainnya yang diperlukan pada halaman judul?
  • Apakah  seluruh halamannya sudah lengkap?
  • Apakah penomoran halamannya sudah benar?
  • Apakah seluruh bab atau bagian sudah diberi nomor secara berurutan?
  • Sidahkah mengecek kesalahan –kesalahan pada ejaan dan tata bahasanya ?
  • Sudahkan mengatur margin & spasi tulisan sesuai dengan yang ditentukan?
  • Apakah semua kutipan /rujukan yang ada dalam tulisan sudah dicantumkan dalam referensi /bibilographi?
  • Sudahkan merinci semua referensi yang ada
  • Sudahkah menyesuaikan teksnya dengan peraturan –peraturan yang ada?

The Penultimate and Final Draft

Sebagai bagian dari proses penulisan, maka mungkin membuat konsep dan mengkonsepnya kembali semua isi laporan/tesis untuk beberapa kali. Focus kita kali ini ialah berkenaan dengan bagaimana mengkonsepkan pekerjaan mulai dari konsep awal, konsep yang hampir selesai (penultimate) hingga konsep final. Hal ini dasarnya merupakan suatu kegiatan untuk mengkonsep penyajian, dan untuk menbuat sesuatu perbaikan yang esensial atau yang diinginkan sebelum menyelesaiakan, menggandakan dan menjilinya. Kesemuanya ini bisa dilihat pada boks 112 di atas.

 

Mengecek Halaman Judul

Apakah sudah menyebutkan laporan/tesis penelitian ?, apakah judulnya benar –benar sudah bisa menggambarkan isi?. Anda bisa saja merubah topik atau beberapa penedekatan yang signifikan sejak memulai penelitian, juga suatu hal yang tepat apabila ingin merevisi judul.

Apakah judulnya terlalu luas? Jika judul tersebut ingin memudahkan pembaca, maka buatlah dalam kalimat yang  tidak telalu panjang dan juga tidak terlalu pendek. Jika ingin menempatkan judul penelitian secara khusus, maka judulnya bisa pendek  dan sub judulnya yang panjang.

Namun demikian, pemberian judul, bukan satu –satunya hal yang terpenting dalam halaman judul. Anda juga harus mencantumkan nama anda, agar pembaca bisa mengenali siapa pengarangnya dan tanggal pembuatannya, dan mungkin juga lembaga atau jabatan dan hal –hal lain harus dicantumkan.

Mengecek Isi

Apakah semuanya sudah lengkp ?, adakah atau sesuatu lainnya yang hilang ?, apakah panjang tulisan sudah pas (baik kata –kata maupun halamannya(?, apakah penomoran halamannya sudah berurutan dengan benar dan sesuai dengan ketentuan?, apakah semua bab atau bagian dan sesuai dengan ketentuan?, apakah semua bab atau bagian (dan mungkin juga paragrafnya) telah diberi nomor secara benar dan berurutan ? , sedahkah anda mengecek kesalahan –kesalah pada ejaan dan tatabahasanya ?, dan bagaimana dengan readibilita (keterbacaan) dan kemampudimengertiannya (intelligibility) ?, mengenai hl ini anda bisa menanyakannya kepada teman atau relasi anda. Apakah layout tulisan sudah sesuai dengan ketentuan? , sudahkah anda menggunakan spasi dobel pada teksnya ?sudhkah anda memberi margin kiri yang cukup agar bisa dijilid?.

 

Mengecek Referensi

Apakah semua referensi sudah dicantumkan dengan lengkap ?, apakah sudah disusun secara alpabethis?. Di sini anda mungkin akan menambahkan atau mengurangi beberapa rujukan yang dicantumkan dalam teks. Ada dua hal yang harus anda perhatikan:

  • sudahkah anda menyediakan semua rincian yang dibutuhkan untuk masing –masing referensi, sehingga para pembaca dapat meng-copy dan membacanya bilamana mereka menginginkannya.
  • Apakah semua materi rujukan dalam teks sudah dicantumkan dalam referensi atau bibiligrafi?, jika anda lebih banyak mencantumkan referensi dibandingkan dengan bibilograrfi, cek juga apakah ada referensi yang tercantum yang tidak ada rujukannya dalam teks.

Mengecek Ketentuan –ketentuan

Jika melaksanakan penelitian tersebut untuk kebutuhan akademi, bahkan sekalipun bukan tujuan akademis, maka anda harus menyesuaikannya dengan berbagai peraturan yang telah ditentukan.

Anda bisa saja berfikir bahwa sudah mengetahui dan mentaati semua ketentuan tersebut dalam keseluruhan penelitian anda, namun tidak ada salahnya bila and mengecek kembali ketentuan –ketentun tersebut.

Tamabahan –tambahan Ekstra

Ada berbagai tambahan apabila diperlukan bisa dicantumkan, diluar komponen yang mendasar dalam hapir setiap laporan atau desertasi (seperti halaman judul, halaman isi, sejumlah bab atau bagian, sejumlah referensi /bibliografi). Tambahan tersebut diantaranya: ucapan terima kasih, kata pangantar, persembahan, abstrak,  dan lampiran –lampiran. Satu hal yang dipertnyakan di sini ialah: apakah and benar –benar memerlukannya?, jika anda tidak terlalu membutuhkannya maka alangkah baiknya jika anda tidak memasukkanny, dengan pertimbangan karena:

Biasa menambah tebal laporan atau tesis anda. Hal ini bisa menjadi faktor yang kritis bila ada batasan baik dalam kalimat maupun halaman. Atau bayangkanlah anda sebagai salah seorang pembacanya apakah anda juga akan membacanya?

Semua itu dicntumkan dalam batang tubuh utama, jasi di manakah yang pantas untuk mencantumkannya?

Ucapan terima kasih (acknowledgement)

Biasanya dimaksudkan untuk memberikan ucapan penghargaan baik kapada orang –orang ataupun organisasi-organisasi  ynag telah membantu selama pelaksanaan riset anda.

Kata pengantar (preface)

Kat pengantar merupakan sebuah bentuk tulisan yang ada di luar ketentuan pada batang tubuh (main body) tulisan anda, dan untuk alasan tersebut, maka tidak harus menyebutkan sesuatu yang secara materi menambah isi teks utamanya. Kata pengantar khususnya digunakan untuk mengatakan utamanya. Kata pengantar khususnya digunakan untuk mengatakan sesuatu mengenai pengalaman pribadi pengarang dalam melaksanakan dan menuliskan penelitian tersebut, dan biasanya juga mencantumkan ucapan –ucapan terima kasih pada bagian akhirnya.

Persembahan (dedications)

            Persembahan umumnya merupakan sutu pribadi pengarang yang biasanya ditujukan bagi seseorang yang dihormati atau dicintai yang sangat berpengaruh dan membantu dalam penelitian anda. Sehingga anda mungkin saja mempersembahkan laporan/desertasi tersebut kepada partner atau orang yang anda cintai, anak-anak atau orang tua anda.

Abstraks

Dari sekian banyak bentuk tambahan di atas, abstrak merupakan tambahan yang sebenarnya sangat penting dan membantu anda, yang mungkin juga merupakan suatu hal yang dipersyaratkan. Abstrak bisa dipersamakan dengan sebuah ringkasan yang khusus, yang berfungsi untuk merangkum secara singkat hakikat dari penelitian anda yang berisi konteks penelitian, bagaimana penelitian dilaksanakan, dan apa temuan utamanya. Idealnya abstrak tidak lebih dari satu halaman dengan batasan antara 200-300 kata atau kurang dari itu.

Abstrak juga dapat membantu penulis dalam mendorong  mereka untuk menyuling (distill) sejauh mungkin kebijaksanaan mereka, yang mungkin akan membantu anda dalam menyusun kambali draft akhir.

Lampiran –lampiran (appendices)

Para peneliti yang bukan pemula, sering berusah untuk mencantumkan semua jenis material dalam bentuk lampiran-lampiran di bagian akhir laporan/sedertasinya. Lampirn tersebut bisa berisi salinan surat –surat, kuisioner, naskah interview, rangkuman studi kasus, salinan dokumen lembaga, dan sebagainya. yang dimaksudkan dengan material di sini ialah materi –materi yang relevan dengan penelitian anda, yang dapat dipertnyakan apakah and harus mencantumkannya dalam laporan anda.

Proses penelitian

Sekali anda menyelesaikan apa yang anda anggap sudah menjadi draft akhir dari tesis/laporan , maka sudah saatnya anda mengetik atau mencetaknya, cek kembali bahw segala sesutunya sudah lengkap benar , buatlah beberapa potokopinya. Jilid dan berikan kepada supervisor, manejer atau par pembaca.

Sendainya penelitin yang and lakukan itu untuk mebutuhan akademik, maka tesis/desertasi yang and buat akan diuji oleh sejumlah penguji. Berbagai perturan –peraturn dan ketentuan akan sangat bervriasi di antara masing –masing  lembaga pendidikan, sehingga anda harus menyesuaikannya dengan lembaga pendidikan dimana anda berada. Tetapi jika penelitian and berpern sebagai bagian dari pekerjaan anda atau di luar kepentingan pribadi, maka laporan akhir anda mungkin tidak akan diuji secara akademis, namun tetap saja akan dibaca dan dinilai oleh pihak lain.

Ada beberap hal yang umu yang muncul selama proses penilaian tersebut:

  • bagaimana pekerjaan anda akan diterima?
  • Apakah peran supervisor, penguji, mentor, kolega, donatur, atau para penerbit?
  • Peristiwa –peristiwa tertentu apa yang digabungkan dengan proses penilaian?
  • Bagaimana anda menghadapi kritik, referral atau penolakan?

Bagaiman pekerjaan and akan diterima

Periode anda menyelesaiakan tesis/laporan dapat menjadi sesuatu yang sangat antiklimak. Mungkin akan memakan waktu berbulan –bulan selama peneyelesaian proses penilaian. Anda mungkin tidak akan pernah menerima satu komentarpun terhadap pekerjaan and tersebut. Anda mungkin akan merasakan seperti bila anda telah bekerja keras untuk waktu yang lama dengan tidk memiliki tujuan apapun, atau merasa seperti tak seoarang pun yang tertarik dengan apa yang telah  anda kerjakan atu temukan. Jika mengerjakan penelitian dalam lahan bisnis penilaian, akan membuat risiko –risiko tersebut menjadi lebih visible. Bagi partisipasi individual, keseluruhan proses penilaian bisa nampak menjadi suatu bisnis yang mengherankan (astonishingly), ialah suatu hal yang wajar berkenaan dengan bagaimana pekerjaan and akan diterima, apakah oleh penguji, kolega, keluarga, atau para pembaca lainnya.

Apakah peranan supervisor, penguji, mentor, kolega, donatur, atau penerbit?

Memahami peranan dari pihak –pihak yang terlibat dalam proses penilaian ialah suatu bagian yang penting untuk menjadi seorang peneliti. Sementara itu proses penilaian bisa berbeda diantara masing –masing lembaga, dan kasus ke kasus.

Jika hasil penelitin and menjadi salah satu bagian dari penilaian, maka berbagai peraturan tertulis yang ada harus anda perhatikan. Copy dan pahmilah peraturan tersebut sehingga anda memahaminya dengan jelas. Praktek-praktek penilaian tersebut dari setiap universitas akan selalu berbeda tergantung kepada tingkatan dan gelar kesarjanaannya seperti first degree (S1), master degree (S2) dan doctoral degree (S3)

Tetapi jika laporan panelitian and dinilai dalam kerangk pekerjaan, biasanya tidak akan banyak ketentuan yang membatasinya, bahkan mungkin bisa dibuat secara lebih praktis.

Peristiw –peristiwa tertentu apa yang menertai proses penilaian ?

Berbagai peristiwa tertentu yang menyertai proses penilaian ialah persentasi, seminar atau ujian lisan bilamana tesis/desertasi tersebut telah selesai. Presentasi hasil penelitian bisa memiliki sejumlah tujuan yang berhubungan. Pada tingkat yang paling sederhana, bertujuan untuk menyajikan hasil pekerjaan anda kapada audien dalam bantuk ringkasan, mungkin secara khusus berfokus pada hasil –hasil temuan dan kesimpulan, atau juga berkenaan dengan implikasi dan aplikasi dari temuan –temuan tersebut. Selain itu, juga berkenaan dengan pembahasan pekerjaan and secara bersam –sam antara anda dengan para audien.

Jika penelitian anda dilakukan dalam setting pekerjaan, maka persentasi bisa melibatkan kolega dekat atau atasan langsung, yang berkepentingan dengan hasil –hasil temuan anda. Fokusnya berada pada tingakt mana kesimpulan dan rekomendasi anda layak dan sesuai dengan kebijaksanaan dan prktek –praktek yang ada.

Bagaimana anda menghadapi  kritik, referral atau penolakan?

Jika projek penelitian termasuk menantang dan bermanfaat (worthwhile), maka mungkin saja akan menjumpai beberapa kritik. Anda juga mungkin akan menemukan referral dan bahkn penolakan, jika anda melakukan pekerjaan tersebut untuk tujuan akademis.

Namun demikian kritik merupakan bagian dari proses malakukan penelitin. Kritik harus dipandang sebagai sesuatu yang dapat memberikan kontribusi positif bagi penelitian anda. Jika semua itu mungkin, maka anda jangan merasa tertekan dalam menghadapi kritik, bahkan yang langsung dilontarkan pada saat harus mengubah tesis/laporan anda, biasanya kritik yang menguntungkan, tetapi ada juga kritik yang membingungkan dan memuakkan.

Referral (penyerahan kembali) merupakan suatu respon yang umum  terjadi dalam dunia penelitian akademik. Itu berarti bahwa pekerjaan anda dinilai belum memenuhi kualifikasi yang ditentukan sehingga anda masih diberi kesempatan untuk mengubah dan memperbaikinya kembali. Untuk menghindarkannya, maka anda harus memastikannya bahwa pekerjaan anda tersebut sudah dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan berbagai ketentuan yang ada.

Boks 117 : merespon kritikan

  • menerima kritikan dengan lapang dada
  • mengevaluasi validitas dan implikasi kritikan terhadap penelitian anda
  • membandingkan masing-masing kritikan dengan respon yang timbul
  • memodifikasi temuan dan strategi riset jika perlu
  • membuat respon yang dipertimbangkan untuk kritik tersebut.

 

Apa yang harus saya kerjakan saat ini ?

Setelah anda berhasil menyelesaikan pekerjaan anda menyerahkannya dan juga sudah dinilai, maka mungkin ada dua bentuk perasaan yang akan anda rasakan, pertama, ada perasaan sangat ringan dan bebas seperti terlepasnya beban yang sangat ringan dan bebas seperti terlepasnya beban yang sangat berat dari pundak anda, kedua, sebuah perasaan kehilangan, dari sebuah lubang yang menganga  (gaping hole) dalam hidup anda ayng akan perlu menutupnya kembali. Sehingga apa yang harus saya lakukan ?. ada banyak pilihan yang bisa anda lakukan, tergantung kepada situasi, imajinasi dan sumber-sumber yang anda miliki. Hal ini bisa dilihat dalam Boks 118.

Ada tiga saran yang bisa anda lakukan, dengan sendirinya dapat dilihat sebagai bagian dari proses penelitian itu sendiri yaitu :

  • dissemination (menyebarkan hasil penelitian) merupakan proses dengan mana anda mengkomunikasikan hasil penelitian anda, temuan-temuan dan rekomendasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Hal ini bisa dilakukan melalui :

–          di dalam organisasi

–          di pertemuan di mana berkumpulnya orang-orang dari organisasi yang sama

–          di kantor cabang

–          asosiasi professional

–          kelompok-kelompok pendidikan orang dewasa

–          konferensi natau internasional

  • publication (mempublikasikannya), hampir sama dengan diseminasi. Publikasi bisa dilakukan secara terbatas kalangan intern, bisa bersifat rahasia, bisa dilakukan melalui mass media (Koran dan majalah) atau media terbatas, (jurnal), dalam bentuk buku, mungkin juga didistribusikan dan dipublikasikan sendiri. Sekali anda melakukan publikasi dan/diseminasi hasil pekerjaan anda, berarti anda telah memasuki wilayah publik yang sangat memungkinkan terjadinya berbagai oleh umum.
  • Melakukan penelitian lebih lanjut, selalu ada kalimat yang sepertinya bercanda bahwa dalam rekomendasi utamanya biasa menyebutkan “perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut”. Hal ini merupakan suatu cirri bahwa penelitian itu akan selalu menghasilkan lebih banyak pertanyaan dibandingkan dengan jawaban. Oleh karena itu melakukan penelitian dan mungkin terutama hal yang terbaik ialah menentukan apakah perlu penelitian kembali.

 

Boks 118 : ada 20 hal yang bisa dilakukan setelah menyelesaikan penelitian

  • berlibur dulu
  • tidur yang enak
  • tinggal di sauna hingga anda melupakannya
  • merayakannya dengan keluarga dekat dan teman-teman
  • berjalan-jalan dengan ditemani anjing
  • cobalah untuk mempromosikannya
  • adakah seminar untuk menyebarluaskan penemuan anda
  • rencanakan apa yang akan anda pakai pada saat wisuda nanti.
  • Kumpulkan informasi mengenai kursus-kursus studi lainnya.
  • Bacalah buku-buku yang baik bakar buku-buku anda
  • Cobalah diet
  • Luangkan waktu yang cukup untuk bercengkrama dengan keluarga
  • Tulis dan terbitkan riset anda
  • Kirimlah surat kepada kami tentang bagaimana anda menggunakan buku ini
  • Carilah pekerjaan lain (ngegodain cewek cakep misalnya)
  • Terapkan hasil penemuan anda
  • Cobalah minum minuman lainnya
  • Cobalah bersenang-senang
  • Lakukan beberapa penelitian lainnya lagi.

 

Ringkasan

Setelah membaca bab ini maka diharapkan memiliki :

  • apresiasi terhadap pentingnya menyelesaikan projek penelitian
  • memahami proses-proses pengecekan yang perlu anda lakukan dalam mempersiapkan draft akhir laporan/tesis anda
  • menyadari berbagai manfaat dan kekurangan dari bagian pengantar dan lampiran-lampiran
  • menyadari berbagai hal yang meungkin akan terjadi selama proses penilaian laporan/skripis/tesis/disertasi
  • mengetahui berbagai pilihan untuk menyajikan hasil penelitian dan untuk melakukan penelitian lebih lanjut, bila menginginkannya.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: